Tipe-tipe Jerawat dan Cara Mengatasinya

Posted on

bePebeKita sebagai remaja yang benci dengan jerawat harusnnya mengetahui tipe-tipe jerawat apa yang ada pada tubuh kita, agar kita tahu tahu bagaimana mengambil keputusan yang baik mengobatinya, nah sekarang saya akan berbagi soal tipe-tipe jerawat  dan cara mengatasinya:

Ada tiga tipe jerawat yang dikenal selama ini. Ketiganya memiliki karakteristik dan cara penanganan yang berbeda-beda.
-Tipe Jerawat Komedo
Jerawat komedo timbul karena pori-pori wajah tersumbat. Pori-pori yang tersumbat itu ada yang terbuka dan ada yang tertutup. Apabila tebuka disebut whitehead dan yang tertutup disebut blackhead. Komedo whitehead memiliki kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat sehingga hanya terlihat seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit. Sementara pada komedo blackhead, pori-pori yang tersumbat membesar, menghitam, dan berubah warna karena teroksidasi oleh udara.
Cara untuk menghindari jerawat komedo, cuci wajah dengan scrub cream atau memakai sabun yang mengandung asam salisilat (salicylic acid) atau yang mengandung AHA/BHA secara teratur. Nah, rajin-rajinlah memperhatikan ingredients sabun yang akan kamu beli.
-Tipe jerawat biasa
Jerawat biasa dikenali apabila muncul tonjolan-tonjolan kecil kemerahan atau berwarna pink di wajah. Tonjolan-tonjolan tersebut ada karena pori-pori wajah terinfeksi oleh bakteri. Bakteri ini dapat berasal dari permukaan kulit, kuas make up, jari tangan atau pesawat telpon.
Cara untuk membasmi jerawat biasa :bekteri penyebab jerawat biasa bisa menggunakan sabun muka yang mengandung benzoyl-peroxida atau sabun sulfur. Sekali dalam seminggu gunakan masker antibakteri atau antiacne.
-Tipe Jerawat Batu
Jerawat batu, atau dalam bahasa ilmiahnya cystic-acne, merupakan jerawat dengan tonjolan-tonjolan besar yang meradang dan berkumpul hampir di seluruh bagian wajah. Tipe ini merupakan jerawat yang paling merusak karena ia dapat memperburuk keadaan wajah. Orang yan menderita jerawat batu biasanya memiliki kelenjar minyak yang terlampau aktif. Kelenjar-kelenjar tersebut membanjiri pori-pori sehingga pertumbuhan sel-sel kulit menjadi tidak normal. Jika sudah begini, maka kulit memiliki respon yang berlebihan terhadap peradangan sehingga dapat meninggalkan bekas di kulit.
Jerawat batu tidak akan mampu ditangani oleh obat-obat jerawat yang dijual bebas di pasaran. Solusi terbaik dan cara mengobati jerawat batu adalah meminta nasihat dokter spesialis kulit yang kemungkinan besar akan memberikan resep antibiotik yang cocok.
Nah sekarang kita telah ketahui bersama tipe-tipe jerawat dan cara mengatasinya
Sumber : dari berbagai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s