Capoeira, Perpaduan Seni dan Bela Diri

Posted on

bePebe – Capoeira merupakan sebuah olah raga bela diri yang dikembangkan oleh para budak Afrika di Brasil pada sekitar tahun 1500-an. Gerakan dalam capoeira menyerupai tarian dan bertitik berat pada tendangan.

Gerakannya begitu luwes selayaknya sebuah tarian. Indah namun dapat mematikan juga. Dengan gerakan yang begitu dinamis capoeira juga dipadankan dengan gerakan-gerakan akrobatik sehingga menghasilkan gerakan yang begitu sempurna.

Capoeira dapat dilihat pada beberapa tokoh game maupun film: Tekken Eddy Gordo dan Christie Montero, Film Only The Strong yang diperankan Mark Dacascos, Tom Yom Goong.

Pertarungan dalam capoeira biasanya diiringi oleh musik dan disebut Jogo. Capoeira sering dikritik karena banyak orang meragukan keampuhannya dalam pertarungan sungguhan, dibanding seni bela diri lainnya seperti Karate atau Taekwondo.

Dalam Capoeira ada empat jenis macam gerakan yang dimulai dari Ginga, Handstand, Backflip, Headspin, dan Handstand Whirling. Gerakan dasar Capoeira dimulai dari ginga yaitu gerakan-gerakan tubuh yang berkelanjutan dan bertujuan untuk mencari waktu yang tepat untuk menyerang atau mempertahankan diri, yang sering kali adalah menghindarkan diri dari serangan.

Banyak pemain yang yang berminat mempelajari capoeira karena lingkungannya yang santai dan gembira, tidak sama dengan disiplin keras yang biasanya terdapat dalam sistem bela diri dari Timur. Seperti yang pernah dikatakan oleh seorang penulis besar dari Brasil Jorge Amado, ini ?Pertarungan yang paling indah di seluruh dunia, karena ini juga sebuah tarian?.

Hingga saat ini, Capoeira sudah terseber di berbagai negara seperti Portugal, Norwegia, Amerika Serikat, Australia, hingga Indonesia. Di Indonesia capoeira sudah mulai dikenal banyak orang, disamping kelompok yang ada di Yogyakarta, juga terdapat beberapa kelompok di Jakarta, Medan, dan kota-kota besar lainya yang ada di Indonesia

2 thoughts on “Capoeira, Perpaduan Seni dan Bela Diri

    maesojeno said:
    17 December 2012 at 8:29 pm

    Keterangannya kurang memuaskan,,mgkin hrus dtambah gambar2 utk memperjelas gerakan,

      Faber responded:
      26 December 2012 at 5:18 pm

      Terimakasih atas komentarnya… mungkin di lain artikel akan dimuat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s