Makanan-makanan Untuk Kulit Cerah dan Sehat

Posted on

Mendapatkan kulit yang cantik, sehat bercahaya bukanlah hal yang sulit, jika ada usaha. Ada sejumlah makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan kulit halus nan bercahayaseperti dilansir WebMD:

1. Minyak zaitun.

Minyak zaitun murni dipercaya dapat membuat kulit lembut bercahaya dibandingkan jenis minyak lainnya. Minyak ini membantu melubrikasi kulit dan membuatnya terlihat sehat bercahaya.

2. Teh hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat, antara lain menghentikan peradangan,
memperlambat kerusakan DNA, dan membantu mencegah kulit terbakar sinar
matahari.

3. Asam lemak omega 3

Asam lemak esensial seperti omega 3 dan omega 6 membantu menghasilkan penghalang minyak alami pada kulit, menjauhkan kulit dari kekeringan dan kelebihan minyak. Asam lemak esensial merupakan lemak penting yang membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Sumber asam lemak  esensial termasuk minyak zaitun, kanola, minyak kenari dan ikan salmon,
sardin juga mackerel.

4. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan yang menjadi perisai kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Vitamin E juga berfungsi sebagai  antiperadangan dan peningkat sistem imun. Sumber makanan yang kaya vitamin E antara lain minyak sayur, kacang, biji-bijian, zaitun, bayam, asparagus dan sayuran hijau.

5. Vitamin C

Vitamin C  membantu melindungi kulit dari sinar matahari. Vitamin ini juga membantu memperbaiki kerusakan yang diakibatkan radikal bebas,  yang merusak serat penguat kulit seperti kolagen dan elastin. Sumber vitamin C yang luar biasa antara lain paprika, buah jeruk, pepaya, kiwi, brokoli, sayuran hijau.

6. Vitamin A

Ingin kulit yang cemerlang tanpa kusam? Konsumsilan buah dan sayur berwarna oranye seperti wortel atau kantalop. Buah dan sayur tersebut kaya vitamin A, yang membantu melembabkan kulitbagian dalam. Sumber vitamin A lainnya adalah sayuran hijau, telur dan susu rendah lemak seperti keju.

7. CoQ10: Koenzim Q10

CoQ10 merupakan antioksidan kuat yang secara alami dibuat di dalam tubuh. Koenzim ini melindungi kulitdan sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. CoQ10 juga terlibat pada produksi energi danfungsi sistem imun. Sumber utama CoQ10 antara lain salmon dan tuna, hati dan gandum utuh.

8. Selenium

Selenium adalah trace mineral yang membantu melidungi sel-sel kulit dari kerusakan radikal bebas. Diduga selenium juga berperan dalam mencegah kanker kulit. Sumber makanan yang kaya selenium antara lain kacang brazil, jamur, udang, biri-biri, tuna, salmon. Selenium juga ditemukan pada daging sapi yang dimasak, turam, sardin, kepiting dan
pasta gandum.

9. Air

Hal yang tidak boleh dilupakan untuk kulit cantik bercahaya adalah air. Air menjaga kelembaban kulit, mengurangi tampilan garis halus dan keriput. Air juga membantu sel menyerap zat gisi dan membuang racun, memperlancar sirkulasi dan aliran darah, membuat kulit terlihat bercahaya. Minum air putih secukupnya, minimal 8 gelas sehari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s