Pengenalan Ajax

Posted on Updated on

Apakah  AJAX ?

AJAX adalah singkatan dari Asynchronous JavaScript and XML.

AJAX, terdiri dari HTML, Javascript, DHTML dan DOM yang kemudian digabungkan dengan  bahasa pemograman web di sisi server  seperti PHP dan ASP, sehingga  membentuk suatu aplikasi  berbasis web yang interaktif.

AJAX bukanlah bahasa pemograman baru, tetapi adalah teknik baru  untuk membuat aplikasi  web lebih  baik, lebih  cepat dan lebih  interaktif.

Dengan AJAX, Javascript dapat langsung berkomunikasi dengan  server  dengan  menggunakan objek XMLHttpRequest. Dengan objek ini, javascript dapat melakukan transaksi data denga  server  web, tanpa harus  me-reloading halaman web tersebut secara keseluruhan.

Berikut adalah teknologi yang termasuk dalam  aplikasi  AJAX :

•      HTML yang digunakan  untuk membuat Web forms dan mengindentifikasikan filed-field yang akan anda  gunakan  dalam  aplikasi.

•      JavaScript adalah kode inti untuk menjalankanaplikasi Ajax dan untuk membantu memfasilitasi komunikasi dengan  aplikasi  .

•      DHTML, atau Dynamic HTML, membantu anda  untuk membuat form atau web anda dinamis. Anda akan menggunakan <div>, <span>  dan elemen HTML dinamis  lainya.

•      DOM, Document Object Model, akan  digunakan  (melalui kode JavaScript) untuk bekerja dengan  kedua  struktur dari HTML dan XML anda  yang dalam  beberapa kasus berasal dari server.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s